Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda, Ratusan Siswa SDI Raudlatul Jannah memakai baju batik

Sumpah Pemuda

Kami putra-putri Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia
Kami putra-putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra-putri Indonesia berbahasa satu bahasa Indonesia

Demikian bunyi teks Sumpah Pemuda yang dikumandangkan secara serempak oleh seluruh siswa-siswi, dan ustadz/h dalam upacara peringatan hari Sumpah Pemuda pada hari Kamis (28/10/10). Acara yang dimulai sekitar pukul 07.00 Wib berjalan dengan khidmat dan khusyu, acara dimulai dengan pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya, kemudian masuk ke acara inti yaitu pemaknaan Sumpah Pemuda yang dibawakan oleh Ustadzah Aisyah. Pada kesempatan itu juga dijelaskan betapa kejernihan pikiran dan kemantapan tauhid para pemuda bangsa ini lah yang mendorong perjuangan mereka, tauhid yang menancap kuat di hati mereka lah yang selalu menyalakan api perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia, keyakinan yang tak pernah padam itu lah yang akhirnya dengan izin ALLAH SWT bangsa ini memperoleh kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

Kemudian selesai pemaknaan, dilanjutkan dengan pembacaan Sumpah Pemuda yang dipimpin oleh Ananda Tito Surya Baskara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara, kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Siswa Siswi Raudlatul Jannah dan kemudian ditutup dengan do’a.

Minimnya pengetahuan sejarah tentang Sumpah Pemuda bagi generasi muda membuat SDI Raudlatul Jannah menggelar acara Upacara yang memang agak unik dengan semua peserta upacara mengenakan pakaian batik. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa dapat tertanam dibenaknya untuk bangga terhadap persatuan Indonesia dan tetap mencintai budaya Indonesia yang salah satunya adalah baju batik, bisa memahami dan mengerti tentang arti perjuangan sekaligus menumbuhkan semangat berjuang. Memang bukan berjuang secara fisik, tapi berjuang mempertahankan negara dari penjajahan budaya dan ekonomi dari negara lain. Selain itu, dengan acara ini para siswa diharapkan lebih mencintai tanah airnya sehingga tidak terpengaruh budaya masa kini yang makin konsumtif. Sekaligus acara ini dapat menggugah minat generasi muda untuk menjaga dan mengelola aset-aset negara.

Alhamdulillah rangkaian acara terselesaikan dengan lancar, dan semoga semangat sumpah pemuda tetap menggelora di hari sanubari kami semua, untuk tetap berjuang bersama menuju Indonesia Emas. Allahu Akbar!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: